TIPS BERBELANJA HEMAT DAN EFISIEN

Berbelanja atau shopping memang identik dengan kegiatan wanita. Tapi herannya hari gini masih ada saja orang yang mengaitkan antara shopping dengan pemborosan atau gaya hidup berlebihan. Padahal makna sesungguhnya dari shopping sendiri adalah membeli barang dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan. Kalau menurut pendapat saya secara personal, shopping itu bukanlah hobi melainkan kebutuhan. Tapi, sering nggak sih Mom merasa belanja kok kayak nggak ada habisnya ya? Kok jadi boros? kok rempong ya? Atau pada bingung gimana sih cara nya belanja bisa hemat dan efisien?
berikut ini Tips Berbelanja Hemat dan Efisien ala saya;
1. Tentukan Anggaran Belanja dan List Belanja
Budget atau anggaran sangat penting agar kita bisa menentukan jumlah uang yang harus dikeluarkan sehingga kita bisa lebih disiplin . Over budget bisa berdampak sangat buruk terhadap kondisi finansial seseorang. Jadi, sebelum Anda memulai berbelanja maka sebaiknya tentukan Budgetnya ya. Setelah kita menentukan Budget atau anggaran belanja saat nya membuat shopping list a.k.a daftar belanja. Kalau saya membuat daftar belanja biasanya mulai dari kebutuhan pokok, kemudian keperluan lain seperti shampoo, sabun,deterjen dsb. Terakhir baru saya membuat daftar kebutuhan skincare atau make up. membuat daftar belanja menurut saya adalah part terpenting sebelum kita belanja, jadi semacam guideline. tanpa daftar belanja,saya yakin Mom disini bisa ngelantur belanjanya.
2. Survey Harga dan Lokasi Belanja
Menentukan tempat berbelanja dan harga barang sangat penting agar kita tahu dimana kita bisa mendapatkan barang yang kita perlukan dengan harga terjangkau. Biasanya Anda cukup sekali melakukan ini,jika sudah tahu tempatnya dan harga pasarannya Anda dapat berlangganan belanja di tempat tersebut. Jangan sekali-sekali meremehkan selisih harga saat berbelanja ya Mom. Meskipun berbeda 1000 atau 2000 itu sangat berharga. Bayangkan jika 1 item saja selisihnya 1000 bagaimana dengan 10 item dikalikan setiap pembelian wah ternyata lumayan juga ya?. Jangan ragu untuk berbelanja di beberapa tempat belanja karena jarang sekali 1 tempat dapat memenuhi semua kebutuhan anda sekaligus.
3. Manfaatkan kartu member
Kartu member biasanya bisa kita temukan jika berbelanja di swalayan atau supermarket. Kalau belanja di grosir depan rumah,cukup scan wajah saja sama yang punya toko.
Untuk member setiap swalayan atau supermarket biasanya mempunyai kebijakan tersendiri. Mulai dari reward berupa poin, diskon item tertentu khusus member sampai cash back.
4. Manfaatkan Diskon yang ada
Nah, ini adalah bagian paling menarik untuk saya bahas. Kalau sudah mendengar diskon jiwa berbelanja ini langsung meronta-ronta. Namanya juga emak-emak, motivasinya belanja cuma 2. Kalau tidak karena butuh ya SIAPA tahu butuh. Saya pernah dinasehati oleh suami “belilah barang karena memang perlu meskipun mahal daripada membeli barang yang tidak dibutuhkan meskipun harganya murah atau bahkan gratis karena itu namanya mubazir!” hayo pada ngaku siapa di sini yang sering tergoda diskon?

Sejak saat itu,saya belajar untuk bijak dalam memanfaatkan diskon yang ada. Menurut pengalaman saya belanja di retail supermarket atau swalayan seperti Alf*ma*t, sering sekali memberi diskon secara berkala baik itu sebulan sekali,sebulan dua kali atau promo akhir pekan. Telitilah sebelum membeli, jika barang yang Anda cari masih dalam kisaran harga normal lebih baik ditunda dulu atau carilah tempat lain yang lebih terjangkau. Percayalah,diskon itu tidak sama dengan kesempatan yang datang Cuma sekali. Ini sudah saya buktikan sendiri sebagai pelanggan setia Alf*ma*t. Mom juga bisa cek di Instagram swalayan atau supermarket langganan barang apa saja yang sedang diskon
5. Jangan tergesa-gesa dalam berbelanja
Jangan tergesa-gesa dalam berbelanja. Belanja yang efisien bukan berarti harus cepat dan singkat. Tergesa-gesa dalam berbelanja malah membuat Anda gagal fokus sehingga kemungkinan melakukan kesalahan jadi lebih besar.
nah, bagaimana dengan kebutuhan sekunder atau tersier seperti tas,sepatu,dan kroni-kroninya? kalau saya sih belanja yang begituan nunggu diskon. Biasa,kita kana Emak Modis alias Modal Diskon. Jadi, misalnya lagi kepengen banget beli tas, kumpulin uangnya dulu, tentuin budget terus banyakin berdoa mudah-mudahan ada diskon. Begitu ada diskonnya cuss grab fast!. Tapi kalau udah kepepet banget ya udah beli aja asalkan harganya masuk akal.

Itulah tadi tips berbelanja Hemat dan Efisien Ala saya. Jika Mom ada ide atau pendapat lain silahkan komen di bawah ya. Saran saya Ada baiknya Anda berbelanja rutin setiap bulan atau belanja bulanan jika penghasilan Anda perbulan, karena belanja bulanan membuat Anda lebih teratur dan yang pasti Anda tidak perlu bolak balik ke swalayan yang bisa memicu anda tergoda untuk berbelanja yang tidak perlu.

TIPS BERBELANJA HEMAT DAN EFISIEN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top