Tips Menjaga Kewarasan Sebagai Ibu Rumah Tangga

Mama’s Life
Sebelum memutuskan untuk menikah,kita hanyalah seorang anak gadis atau anak muda yang tidak terlalu ingin ikut campur urusan rumah, tetangga, atau hal lain-lain yang akan kita hadapi ketika menikah. Masuk dapur mungkin hanya untuk urusan makan dan sesekali membantu ibu memasak,selebihnya dihabiskan di depan TV atau bertapa di kamar sambil main Hp. Yah, seperti itulah rutinitas kaum bujangan baik laki-laki maupun perempuan. Interaksi dengan tetangga mungkin seadanya saja , nyapa ya Cuma sekedar basa basi, sisanya lebih sering Kongkow atau Hang out bareng temen di luar. Namun tidak semua nasib lajang beruntung seperti itu, ada juga yang harus kerja keras dari pagi sampai malam mengurus keperluan rumah dan keluarga.
Setelah menikah, banyak hal-hal baru yang harus dimengerti oleh seorang wanita. Welcome to Mama’s life: Yang semula bangun pagi kesiangan mandi sore kemalaman dan nonton Tv sampai pagi harus mulai bersiap untuk aktivitas mengurus suami dan rumah. mulai beres-beres rumah, memasak,mencuci, menyetrika dan segudang aktivitas ibu rumah tangga yang tidak ada habisnya. Bagi Anda yang bekerja, mungkin sebagian pekerjaan rumah dapat di take over asisten, namun mengurus dan melayani suami tentu tidak bisa di limpahkan kepada orang lain bukan? Apa kata tetangga? Mau tidak mau Anda harus mulai membiasakan untuk menguasai berbagai skill Ibu rumah tangga mulai dari memilih menu untuk keluarga, mengatur keuangan keluarga, mengatur rumah, memasak,mengurus kain mulai dari mencuci,menyeterika,dan menyusun ke dalam lemari. Semua itu memicu stress dan kelelahan.
Untuk tetap menjaga kewarasan sebagai seorang istri dan ibu rumah tangga berikut tips yang bisa Anda lakukan;
1. Meluangkan waktu untuk diri sendiri dan melakukan kegiatan yang menyenangkan. Belajarlah untuk mencintai dan menghargai diri sendiri. Jika kita mencintai dan menghargai diri kita,kita tidak akan menuntut orang lain untuk bisa suka dan menghargai kita. Melakukan hal yang kita sukai adalah salah satu cara kita menghargai diri sendiri.
2. Meminta support dari pasangan dan keluarga dan mulai belajar menjadi ibu rumah tangga yang baik Perlu diingat, apapun profesi Anda, kodrat dan tugas utama sebagai istri atau Ibu tidak akan bisa berubah. Luangkan waktu setidak nya 10 menit untuk berbincang dengan pasangan setiap harinya.
3. Singkirkan opini maupun komentar yang tidak membangun. Jauhkan diri Anda dari lingkungan yang toxic. Ingatlah selalu,you are what you think. Jika Anda harus berhadapan dengan orang yang mempunyai potensi nyinyir maka ambilah langkah kebelakang alias menghindar. Tidak ada gunanya diladeni malah bikin stress.
4. Berhentilah berpikir untuk menjadi sempurna. Lebih baik baik bekali diri dengan beragam skill atau keahlian baru seperti memasak menu kesukaan suami,membuat camilan untuk keluarga, dll
5. Jangan menganggap bahwa Pekerjaan rumah Tangga itu sangat membebani. Buatlah To Do List setiap harinya untuk memudahkan Anda menyelesaikan Pekerjaan Rumah Tangga yang konon tidak ada habisnya itu.
Menjadi seorang Ibu rumah Tangga bukanlah suatu pekerjaan melainkan Kodrat setiap wanita yang sudah menikah. Mungkin bagi sebagian besar orang ini sangat membosankan. Saya pun mengalami kejenuhan yang luar biasa. Tetap jaga pola pikir yang sehat, jaga perasaan dan mulai lah dengan kebiasaan. Untuk jadi terbiasa maka harus ada kebiasaan bukan? Semoga tips dari saya dapat sedikit membantu. Have a nice Day!

Tips Menjaga Kewarasan Sebagai Ibu Rumah Tangga

One thought on “Tips Menjaga Kewarasan Sebagai Ibu Rumah Tangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top